
Assalammualaykum Wr.Wb
apa kabar sahabat ?? pada kali ini saya ingin berbagi sebuah materi berkenaan dengan Rekayasa perangkat lunak. mungkin bagi sahabat yang sedang menempuh pendidikan Informatika, ilmu komputer atau bahkan rekayasa perangkat lunak itu sendiri, tentunya kawan setiap hari mempelajarinya. namu apa sih rekayasa perangkat lunak itu sendiri. mari kita bahas.
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
(sumber : Wikipedia )
sehingga dapat disimpulkan rekayasa perangkat lunak adalah suatu cara aatau proses pembuatan perangkat lunak, perawatan perangkat lunak sampai pengembangannya.
dan perangkat lunak itu sendiri adalah suatu aplikasi atau program yang ketika dijalankan fitur - fiturnya, fungsi dan kinerja yang di kehendaki. atau struktur data yang memungkinkan program - program memanifulasi informsi.
stelah kita mengetahui apa itu rekayasa perangkat lunak dan perangkat lunak itu sendiri mari kita lanjutkan pembahasan mengenai.
1. karakteristik perangkat lunak
2. produk perangkat lunak berdasarkan pemakai.
3. produk perangkat lunak berdasarkan fungsi
4. Evolusi perangkat lunak
5. pengelompokan perangkat lunak berdasarkan fungsi
6. hal yang jadi perhatian dalam pearangkat lunak
selanjutnya kita akan bahas satu perstu, dimulai dari:
1. karakteristik perangkat lunak
suatu perangkat lunak tidak akan susut atau aus
artinya sebuah perangkat lunak tidak akan mengalami penyusutan atau berkurang, contohnya sebuah perangkat lunak diawal pemasangan dan di kemudian hari akan tetep sama.
perangkat lunak tidak akan mengalami kelelahan
sebuah perangkat lunak atau software tidak akan mengalami kelelahan meski digunakan berjam - jam atau berhari - hari bahkan terus menerus, kinerja akan tetep sama tidak akan mengalami penurunan. namun kinerja perangkat lunak sendiri sangat berkaitan erat dengan hardware tentunya, jiika kita menemui di lapangan sebuah perangkat lunak ada penurunan kinerja, maka itu bukan disebabkan perangkat lunak. namun disebabkan hardware yang mulai kelelahan atau kinerjanya menurun.
diperbolehkan melakukan proses pengembangan ( Update ).
sebuah perangkat lunak, ketika sudah berhasil dibuat. tidak langsung berhenti disana. karena perangkat lunak sangat mungkin dikembangkan bahkan disempurnakan.
rancangan yang buruk berakibat pada biaya pemiliharaan perangkat lunak.
sebuah rancangan perangkat lunak yang buruk atau salah perhitungan maka akan berimbas pada biaya pemiliharaan perangkat lunak itu sendiri, dan disisi lain akan mempersulit proses pengerjaannya.
kegagalan dalam sebuah perangkat lunak salah satu penyebabnya adalah kesalahan rancangan dan implementasi
banyak di antara engineer yang mengalami kegagalan dalam pembuatan perangkat lunak dan salah satu penyebabnya adalah kesalahan rancangan dan implementasi. mengapa? karena ssebuah rancangan tentunya sangat berpengaruh sekali dalam pembuatan sebuah perangkat lunak, sehingga ketika memutuskan ingin membuat sebuah perangkat lunak, tentunya harus di perhatikan terlebih dahulu diperancangan, kemudian mengimplementasikan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.
2.Produk perangkat lunak berdasarkan pemakaian
produk generic
produk gamerik yaitu sistem stand-alone standar yang di produksi oleh pabrik standar. yang digunakan secara umum. sebagai contohnya adalah : Microsof word , untuk aplikasi pengolah kata dan Windows untuk system operasi
produk spesifik
produk spesifik adalah sebuah aplikasi yang dibuat berdasarkan pesanan . untuk contohnya aplikasi pendidikan, aplikasi rumah sakit dll.
3. Produk perangkat lunak berdasarkan Fungsional
interfacing perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras tertentu.
operasi System
program aplikasi
program language
Case
4. Evolusi perangkat lunak
Era Pioner( tahun 60-an )
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Era stabili ( tahun 70-an)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai
pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time.
Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan,
menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian
mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap
ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran
serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Era Mikro ( Tahun 70-an - tahun 90-an )
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai
pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat
lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan
sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat
murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi
dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Era Modern ( Tahun 2000 an )
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun
1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah
mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras
dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.
TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga
perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang
dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan,
jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan
komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.
Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
( sumber : Kristianto, Adi, 2004, Rekayasa Perangkat Lunak : KOnsep Dasar, Gava Media Yogyakarta )
5. Kelompok Software Berdasarkan fungsi
1. Sistem Operasi (Operation System)
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer.
Contoh :
a. UNIX : Linux, BSD, Solaris, MacOS, Belenix, dll
- Versi - versi Linux : RedHat, Knoppix, SuSe, Ubuntu, dll.
- Versi - versi BSD : FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, dll.
b. Microsoft : MS-DOS, MS Windows (1.0, 2.0, 3.0, 3.11, 95, 98, 98SE, ME 2000, XP, Vista, 7, 8)
2. Program Utility
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer.
Contoh :
a. UNIX : Linux, BSD, Solaris, MacOS, Belenix, dll
- Versi - versi Linux : RedHat, Knoppix, SuSe, Ubuntu, dll.
- Versi - versi BSD : FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, dll.
b. Microsoft : MS-DOS, MS Windows (1.0, 2.0, 3.0, 3.11, 95, 98, 98SE, ME 2000, XP, Vista, 7, 8)
2. Program Utility
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer
Contoh :
a. Antivirus (AVG, AVIRA, AVAST, KASPERSKY)
b. Pembagi partisi (FDISK, Partition Magic)
c. Peringkas file (WinRAR, WinZIP,dll).
3. Programming Language
Merupakan sebuah program yang berguna untuk menghasilkan program aplikasi lainnya, terdapat 2 macam programming software:
• Low-Level Language: Bahasa biner, Bahasa Assembly.
• High-Level Language: C++, Java, Visual Basic, Pascal, dll.
4. Application Program
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk membantu suatu perkerjaan pengguna (user)
Contoh :
a. Office :
Microsoft Word (Pengetikan)
Microsoft Excel (Pembuatan tabel-tabel)
Microsoft Front Page (Pembuatan web site)
Microsoft Power Point (Pembuatan presentasi)
Microsoft Outlook (Pengaturan jadwal, email, nomer telpon,dll)
b. Desain Grafis :
CorelDraw
Adobe Photoshop
Photoscape
c. Multimedia :
Winamp
VLC
Real Player
Gom Player
No comments:
Post a Comment